Tuesday, May 3, 2016

JCM, Basement 3 dan Harapan Saya

Catatan Harianku
May 2, 2016
|
Oleh Sabar Nur

Bukannya Saya mau mengungkapkan kekesalan Saya kepada JCM (Jogja City Mall), atau pengalaman Saya pertama kali menginjakkan kaki di sana. Sudah berkali-kali Saya berbelanja kebutuhan keluarga ke salah satu Supermall terbaik di Yogyakarta ini, tetapi hampir setiap kali ke sana, Saya menemui perkara yang kurang sreg di hati Saya, dan akan semakin mengurangi kesukaan Saya, setiap menginjakkan kaki lagi di sana.

Kemarin, minggu 01 Mei 2016, pengunjung di JCM sangat padat, mungkin karena hari libur dan juga berbarengan dengan adanya event Promo Wisata, atau mungkin juga kemarin adalah Hari Berbelanja Keluarga (ada gak ya ?... hahaha).

Seperti biasa, ketika masuk ke tempat Parkir, Penempatan Parking di sana hampir selalu seperti membingungkan, Petugas Parkir seperti ragu mengarahkan lewat Gerbang Parkir sisi kiri, yakni Basement 1, atau ke Gerbang Parkir sisi kanan, Basement 2 dan Basement 3. Akhirnya Saya diarahkan ke Gerbang Parkir sisi kanan, yakni Basement 2 atau Basement 3, kemungkinan tempat Parking Basement 1 telah penuh. Memasuki Gerbang Parkir sisi kanan, tempat untuk parkir di Basement 2 sudah tidak tersedia, akhirnya Saya diarahkan masuk ke Basement 3, yang notabene merupakan alternatif terakhir untuk Parkir bagi pengunjung yang terlambat masuk, termasuk Saya. Ini adalah pertanda buruk bagi Saya.

Di Basement 3 itu suasana sungguh kurang menyenangkan, Udara terasa Panas, sumpek, dan pengap, karena penuh dengan asap Kendaraan, terlebih lagi ketika banyak pengantar yang menunggu di parkiran karena malas ikut masuk, Mereka biasanya akan berada di dalam Mobil, menghidupkan Mesin mobilnya entah untuk berapa lama, mungkin 1-2 Jam, bahkan mungkin sampai 4 atau 5 Jam, selama mereka menunggu orang yang sedang asyik berbelanja. Mereka tidaklah sadar akan bahaya dari asap Knalpot mobil mereka yang memenuhi ruangan Basement, dan tidak sadar pula bahwa mereka akan kehilangan banyak bahan bakar hanya untuk menghidupkan pendingin di dalam mobil mereka. Kerugian kedua memang bukanlah perkara bagi orang lain, tapi kerugian pertama adalah masalah bagi semua pengguna area Parkir Basment 3. Basement 3 adalah tempat yang benar-benar tidak menyenangkan. Percayalah... Basement 3 di JCM adalah tempat terburuk untuk Parkir. Itu yang saya rasakan.


Selayaknya pihak JCM membenahi area Parkir Basement 3, agar pengguna merasa nyaman berada di sana. Buatlah Basement 3 sebagai Tempat Parkir terindah, sehingga para pengunjung memilih Basement 3 ini sebagai tempat Favorit mereka untuk parkir. Bukankah semakin lama para pengunjung berada di sana, semakin besar kemungkinan Omset Penjualan JCM bertambah ?. Bukankah dengan semakin nyamannya Customer, juga semakin beruntungnya pihak JCM ?.

Menurut Saya, cara yang dapat dilakukan ada beberapa Hal, misalnya:
1. Buatlah Sirkulasi Udara yang baik, dengan memompakan Udara Segar dari luar. Itu jika     belum dilakukan, tetapi jika memang sudah dilakukan, maka optimalkanlah kinerja             Blowernya, agar udara di Basement 3 terasa sejuk segar.
2. Menambahkan beberapa Kursi untuk bersantai, agar para penunggu tidak perlu berada     di dalam Mobil, menghidupkan Mesin Mobil demi Udara dingin dari perangkat AC Mobil     mereka, agar bisa menghindari bertambahnya Polusi Udara di dalam Basement 3.
3. Menyediakan Pot dengan beberapa tanaman, atau sukur-sukur dibuat Taman, sehingga     bisa menambah Oksigen di dalam ruangan Basement. 
4. Sediakanlah Tempat Kuliner yang memadai, sekurang-kurangnya Angkringan kek (yang     khas Jogja gitu...). Saya lihat, begitu masuk ke ruang Usaha di Basement 3, nampaknya        masih cukup banyak Area Usaha yang kosong, yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan.     (Ini jika tidak menyalahi Ketentuan JCM. Jika ini menyalahi, maka ubahlah Regulasinya).

Jika telah diubah menjadi demikian, Saya yakin dengan sangat, para pengunjung akan semakin bahagia berada di sana. Para penunggu tidak akan perlu lagi menyalakan Mesin Mobilnya hanya demi mendapatkan Udara dingin dan segar dari perangkat AC Mobilnya. Selain itu juga akan membuka peluang Usaha bagi banyak orang, dan tentunya penerimaan JCM akan semakin besar dengan adanya penyewa Area Usaha di Basement 3. Mungkin itulah solusi terbaik bagi beberapa pihak, JCM, Pengunjung, penunggu, dan Pelaku Usaha sebagai penyewa Area Usaha.

Sekian.
Salam.
Penulis.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis ulasan anda di sini.